Cara Menghitung Alokasi Waktu Pembelajaran + Rincian Minggu/ Hari Efektif 2017/2018

Cara Menghitung Alokasi Waktu Pembelajaran + Rincian Minggu/ Hari Efektif 2017/2018 ini merupakan topik yang akan saya kedepankan pada kesempatan kali ini. Menentukan Alokasi Waktu baik pada RPP, Program Tahunan, Program Semester harus didasarkan pada Minggu Efektif dan Jumlah Jam Mapel dalam struktur Kurikulum serta KI dan KD. Sebagai langkah pertama yakni menghitung Minggu Efektif anda dapat menghitungnya sendiri dengan Kalender Pendidikan terbaru yang disediakan Dinas atau sekolah.

Minggu Efektif ditentukan dengan meng-Analisis Hari Efektif dengan ketentuan Jika dalam satu minggu tersebut memiliki 3 hari atau lebih hari efektif maka terhitung 1 minggu efektif. Sedangkan untuk minggu yang kurang dari 3 hari efektif maka tidak dihitung minggu efektif.

Sebagai contoh kalender bulan Juli 2016, tanggal 1 jatuh pada hari Jumat maka hari efektif hanya hari Jum’at dan Sabtu maka tidak dihitung minggu efektif karena hanya 2 hari. Mulai dihitung dari hari Senin tanggal 4 sampai Sabtu tanggal 9 masuk minggu pertama, kemudian hari Senin tanggal 11 sampai Sabtu tanggal 16 masuk minggu kedua, lalu hari Senin tanggal 18 sampai Sabtu tanggal 23 masuk minggu ketiga, dan hari Senin tanggal 25 sampai Sabtu tanggal 30 masuk minggu keempat.

Cara Menghitung Alokasi Waktu Pada Program Semester

Untuk memudahkan anda dalam mendapatkan Rincian Minggu Efektif/ Hari Efektif, maka disini saya akan bagikan hasil perhitungan untuk Kalender Pendidikan 2017/2018 yang dapat anda download dibawah ini.


Hasil dari Rincian Minggu Efektif dan Hari Efektif ini akan dijadikan dasar dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran. Dengan ini juga kita bisa membuat matrik/ pemetaan KI, KD, Indikator, sehingga guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Menentukan Banyak Jam Efektif (JE), banyaknya jam efektif di dapatkan dari Jumlah Minggu Efektif dikali Jumlah Jam Mata Pelajaran Perminggu(JMP) (lihat Struktur Kurikulum). Misalnya JME = 18 minggu, JMP mapel IPA dalam Struktur Kurikulum 4 jam, maka perhitungannya adalah sebagai berikut : 18 Minggu x 4 Jam : 72 Jam

Mendistribusikan Alokasi Waktu Per KD, alokasi waktu per KD didapat dari Jam Efektif (JE) dibagi sejumlah Kompetensi Dasar (KD) tiap mata pelajaran dengan pembagian disesuaikan dengan kompleksitas KD.

Artikel Lainnya :
Kalender Pendidikan 2017/2018 Semua Provinsi/Kabupaten Format Excel/PDF

Diharapkan dengan Cara Menghitung Minggu Efektif Pada Kalender Pendidikan 2017/2018 ini dapat bermanfaat bagi anda dalam menyusun perangkat pembelajaran tahun ini. Saran dan kritik saya harapkan untuk dijadikan bahan perbaikan pada blog ini kedepannya. Update terus blog unduhanguru.blogspot.co.id untuk mendapatkan file terbaru berkenaan dengan Perangkat Pembelajaran Guru, Administrasi Sekolah, dan khusunya Kalender Pendidikan Semua Provinsi secara gratis.

klik dibawah untuk berbagi dengan teman anda

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Related : Cara Menghitung Alokasi Waktu Pembelajaran + Rincian Minggu/ Hari Efektif 2017/2018

0 Komentar untuk "Cara Menghitung Alokasi Waktu Pembelajaran + Rincian Minggu/ Hari Efektif 2017/2018"